Talkshow Remaja “Kalo Kamu Jatuh Cinta dari GeEr sampe Teler”

Ikatan Alumni MAN Karet Magelang (Ikaman Magelang) mengadakan acara Talkshow Remaja dalam rangka Hari Ulang Tahun ( HUT) ke VIII Ikaman Magelang di Rumah Makan Ayam Goreng Bu Tatik Jl. Jendral Sarwo Edi Wibowo No.5, Banyurojo, Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (11/02/17).Acara Talkshow dihadiri oleh sekitar 150 siswa-siswi dan guru PAI SMP/MTs se-kota Magelang dan alumni MAN Magelang .

Rangkaian acara ini dimoderatori oleh Niko Brahmanto ( Angkatan 2005 0 dengan Pembawa acara Tri Ardiana ( Angkatan 2015). Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Nawira Alatas siswi dari SMP N 6 Magelang. Kemudian sambutan sambutan. Sambutan yang pertama oleh Ketua Umum Ikaman Magelang yaitu Nur Fadil (angkatan 2011) yang kemudian dilanjutkan sambutan dari Pengawas MGMP PAI Kota Magelang, Drs.H.Agus Santoso,M.Ag.

Kemudian dilanjutkan talkshow oleh Ustadz Cinta (Ust. Restu Sugiharto, S.Ag.) beliau memaparkan materi perihal dunia cinta yang sesuai dengan syariat Islam.

Dewasa ini, telah banyak remaja yang berpacaran. Akan tetapi, kurangnya pengarahan yang baik, sehingga banyak sekali terjadinya kasus penyalahgunaan atas dasar cinta.Sesuai dengan materi yang disampaikan oleh Ustadz Restu yaitu tentang cinta. Beliau mampu mematahkan kegalauan hati terutama pendidikan tentang cinta yang sesungguhnya. Metode yang disampaikan menasihati tanpa menggurui, menyampaikan makna taat tanpa tapi, memaparkan permasalahan cinta tanpa menghakimi. Beliau menyampaikan beberapa materi salah satunya yang beliau sampaikan adalah sebuah hadis dari Rosulullah saw, “Lebih baik bergulung dengan lumpur daripada bersentuhan dengan lawan jenis.” Hadis ini menegaskan bahwa betapa Iffah (menjaga kesucian) itu prioritas yang harus diteguhkan. Banyak remaja yang justru menerjang dan menghiraukan hal tersebut. Beliau tidak lupa mengingatkan bahwa jatuh cinta harus di manage dengan baik.

Setelah usai pemateri utama menyampaikan, dilanjut oleh pemateri kedua yaitu Ibu Yulis Indrawati,S.Sos dari DPMP4KB Kota Magelang. Beliau memaparkan Kota Magelang akan memberi hak anak-anak dan hak perempuan. Beliau juga menginformasikan bahwa Magelang mempunyai sebuah wadah untuk berkumpulnya anak-anak Magelang dalam sebuah Organisasi Bocah Asli Magelang (OBAMA). Organisasi tersebut bisa diikuti dari anak-anak luar Magelang.
Acara inipun dimeriahkan dengan hiburan dari perwakilan alumni dengan menampilkan beberapa lagu oleh Arum (angkatan 2015).Dan acara inipun ditutup dengan pembagian dorprise yang telah disiapkan oleh Panitia.

Semoga acara peringatan HUT ke VIII Ikaman Magelang dapat memberikan manfaat bagi kita semua, dan untuk Ikaman Magelang semoga terus berkarya di tahun tahun selanjutnya.

Penulis : Nur Indah Kusuma
Editor : Nur Fadil

Facebook Comments